10 Tips Jitu Mengemudi Nyaman dan Lebih Nikmat

Posted on

Honda Bontang – Tidak seluruh orang dapat mengemudi nyaman dan nikmat. Hal ini lebih-lebih sebab suasana jalur yang seringkali sesak dengan kendaraan. Ya, kemacetan memang seringkali menjadi penyebab utama orang malas pakai mobil. Apalagi, tidak seluruh orang menyukai mengemudi.

Saya dapat memahami orang yang berkata mengemudi adalah perihal yang membosankan, menjemukan, menyebalkan.

Tidak jarang, di jalur saya mengamati orang-orang di balik kemudinya. Ada yang sambil buka atau ngetik hp, kadang ada yang sambil makan, lebih-lebih ada terhitung yang baca koran and makan! Haha serius, itu dampak lampu merah perempatan yang lamanya buset dahh.

Kebanyakan lainnya saya lihat diam saja dengan muka bete atau sebal. Semacam terpaksa dan pasrah. Tapi yaa bagaimana lagi? Saat ini, mengemudi merupakan perihal yang penting sehingga skill mengemudi perlu untuk dimiliki.

Lalu bagaimana caranya sehingga dapat mengemudi nyaman dan lebih nikmat?

Disini kita bakal mengkaji 10 tips jitu sehingga kita dapat mengemudi nyaman dan lebih nikmat. Ulasan ini berdasarkan opini teristimewa menjadi kemungkinan ada sedikit perbedaan atau kekurangan, silakan ditanggapi ya!

Kita jadi saja. Siapkan kopinya, hehe.

1. Rencanakan Perjalanan

Mungkin perihal yang klasik, namun memang perlu. Perencanaan perjalanan ini lebih-lebih dalam pilih pas dan rute yang pas untuk bepergian. Ada berapa opsi jalan? Jam berapa pas yang pas untuk pergi? Rute mana yang umumnya macet?

Untuk membantu pilih dan merencanakan kita pasti tidak asing dengan aplikasi layaknya Google Map atau Waze. Tidak sampai 5 menit rasanya untuk sekadar mengakses dan mengecek.

Selain itu, aplikasi yang tidak kalah pentingnya adalah aplikasi CCTV jalan. Beberapa kota telah melengkapi jalan-jalan utamanya dengan CCTV yang dapat kita akses lewat aplikasi secara real time. Aplikasinya ada yang berwujud situs dan atau aplikasi hp. Disini kita dapat mengintai suasana kepadatan jalur serta rute mana yang baiknya kita ambil.

Untuk perjalanan jarak jauh, sangat dianjurkan terhitung untuk perhitungkan aspek panorama dalam penentuan rute jalan. Terkadang jalur yang agak memutar sedikit namun pemandangannya indah bakal lebih berkesan dibanding jalur umum.

Ada baiknya kita terhitung pergi lebih awal, sebab yang namanya terburu-buru itu mengakibatkan kerusakan seluruh kenyamanan.

2. Pilih Mobil yang Tepat

Sama halnya layaknya kuda tunggangan, tiap-tiap mobil memiliki sifat yang berbeda-beda. Perbedaan spesifikasi layaknya power, layout roda penggerak, bobot, wheelbase, dan lainnya bakal pilih sifat si mobil.

The right car can make all the difference.

Bila kita jadi biasa saja dalam mengemudi. Mungkin kita belum menemukan dan merasakan mobil yang bener-bener pas untuk kita.

Ketika kita telah menemukan mobil yang sebabkan kita jadi yakin diri dan happy, kita bakal makin bersemangat untuk mengemudi.

Pemilihan transmisi terhitung sangat penting. Logika umumnya untuk mengemudi nyaman, lebih-lebih di perkotaan yang padat adalah transmisi matic. Bagi sebagian orang ini sangat pas untuk mengemudi nyaman dan lebih nikmat.

Tapi jangan salah, sebagian orang lainnya justru berpikiran matic itu bikin jadi bosan dan tidak cukup menantang. Ini dapat sebabkan mengemudi tambah makin suntuk.

Jadi pilih mana? Matic atau manual?

3. Dengarkan Musik yang Pas
Sebuah survei di Inggris menemukan bahwa musik dapat merubah model mengemudi seseorang. Para pengemudi yang mendengarkan musik rock, hip-hop, atau heavy metal lebih cenderung membuntuti sangat dekat, ngebut, dan mengalami kecelakaan lalu lintas. Di sisi lain, mereka yang mendengarkan musik klasik atau pop lebih kurangi stres dalam perjalanan mobil mereka. Mainkan playlist lagu yang bakal mengangkat impuls kita dan melepaskan pikiran kita berasal dari macetnya lalu lintas.

Tapi bukan artinya kita perlu tetap mendengarkan yang slow-slow, mellow semacamnya. Sesuaikanlah dengan mood, pas mengemudi kita serta suasana jalan.

Sangat dianjurkan untuk pilih playlist lagu yang pas sebelum mengawali perjalanan. Playlist yang tidak pas atau playlist yang telah usang justru bakal sebabkan mood mengemudi kita suntuk.

Sebelumnya kita dulu mengulas jenis musik yang paling enak didengar di mobil. Mudah-mudah dapat beri tambahan sedikit referensi untuk memperbaharui playlist lagu driving kita.

4. Persiapkan Diri

Persiapkan diri kalian!

Haha kayak apa aja ya. Maksudnya di sini adalah mempersiapkan suasana tubuh kita sehingga dapat mengemudi nyaman dan lebih nikmat.

Lho, apa saja memang yang perlu disiapkan?

Tidak banyak kok. Seminimalnya pergilah ke toilet alias membuang air lah dulu. Kebayang ga, kena macet dalam posisi gelisah mencegah hajat? Jangan sampai deh hahaha.

Untuk perjalanan yang agak jauh, persiapkan diri dengan tidur yang lumayan dan sudah pasti makan serta minum yang cukup. Ini bakal berpengaruh besar terhadap mood dan kenyamanan kita dalam mengemudi. Selain itu memperhatikan terhitung pakaian yang kita kenakan. Kenakan pakaian yang nyaman untuk kita leluasa bergerak dan mengemudi. Sangat dianjurkan untuk pakai sepatu dalam mengemudi. Pilihlah sepatu yang lumayan elastis serta solnya tidak sangat tidak tipis sehingga kita dapat merasakan pedal dengan baik.

5. Posisi Duduk dan Posisi Mengemudi

Meski terdengar simpel, posisi mengemudi merupakan perihal yang penting dan berarti bagi keamanan dan kenyamanan mengemudi. Sama layaknya hal basic lainnya, posisi mengemudi memang perihal yang mendasar namun nantinya bakal berpengaruh besar bagi performa mengemudi.

Bukan cuma keamanan dan kenyamanan mengemudi saja, posisi mengemudi pasti berpengaruh terhadap kecepatan. Dengan posisi yang baik maka manuver-manuver dalam mengemudi bakal semakin smooth, efektif dan terhitung menghemat tenaga (efisien). Posisi mengemudi yang baik terhitung bakal sebabkan kita mengemudi nyaman dan tidak gampang lelah.

6. Gunakan Pengharum Mobil

Kenapa orang memakai parfum? Agar nyaman dan yakin diri.

Saya dulu membaca bahwa wangi lebih cepat bereaksi dengan memori dan emosi seseorang. Itulah kenapa wangi berpengaruh besar terhadap mood kita.

Sekarang bayangkan mobil kita tidak wangi atau lebih-lebih bau apek. Bayangkan lagi interior mobil yang wangi enak. Tentu lebih nyaman dan bikin betah.

Sesuaikan wangi yang pas dengan kesukaan kita. Saya sendiri tidak cukup menyukai wangi yang sangat manis layaknya vanilla atau buah-buahan. Saya lebih pilih wangi yang fresh dan calm. Tiap orang berbeda.

7. Perhatikan Kebersihan Luar dan Dalam Mobil

Masih agak nyambung satu tema dengan wangi mobil. Kebersihan pun terhitung aspek yang berpengaruh terhadap mengemudi nyaman.

Bayangkan kita bakal pergi dan mendapati mobil kita kucel. Body dan kacanya kotor. Velg kayak habis berasal dari sawah. Pasti mood mengemudi kita telah turun duluan lebih-lebih sebelum kita masuk kedalam mobil.

Nah, begitu mengakses pintu dan masuk mobil, ternyata mengisi mobilnya layaknya kapal pecah. Di dalamnya penuh tumpukan barang yang berantakan dengan interior yang kotor berdebu. Mengemudi dengan suasana mobil layaknya ini bakal sebabkan mood kita berantakan.

Pernah cuci mobil ke salon mobil dan setelah selesai kita masuk ke dalam mobil yang bersih dan wangi? Enak bukan?

8. Skill dan Teknik Mengemudi

Masih senada dengan penentuan matic atau manual. Sebagian orang pilih matic sebab praktis, simpel, dan nyaman. Sebagian lainnya justru jadi bikin jadi bosan dan sebabkan mengantuk. Gas rem, gas rem. Monoton bukan? Nah, andaikan kita sering jadi layaknya itu, cobalah mobil transmisi manual.

Orang menyenangi manual sebab jauh lebih memiliki kontrol terhadap mobil. Mobil manual sebabkan kita jadi menjadi bagian berasal dari driving system sehingga kita jadi mengakses dengan mobil kita.

Selain itu, mempelajari teknik mengemudi akan makin meningkatkan keasikan dalam mengemudi. Ada berbagai tehnik mengemudi sebut saja layaknya heel and toe, left foot braking, trail braking, rev-matching downshift, dan lainnya. Menggunakan tehnik mengemudi dapat sebabkan perjalanan mobil harian kita dapat lebih banyak ragam dan menyenangkan.

9. Nikmati Perjalanan

Mengemudi mobil di perkotaan perlu telah siap dengan konsekuensinya. Macet, angkot dan motor yang berseliweran, mobil yang tiba-tiba belok mendadak, dan kejemuan lainnya.

Sepandai-pandainya kita merencanakan perjalanan, layaknya pas dan rute. Tetap saja kita kadangkala tetap perlu mencicipi ruwetnya jalanan perkotaan.

Ambil napas panjang. Tenangkan diri dan sabar.

Kesal atau lebih-lebih marah-marah tidak bakal menyulap suasana jalur menjadi lancar. Selap selip ngebut pun percuma, perihal ini tambah berbahaya sekaligus memperburuk mood kita.

Lemesin aja, jangan dilawan hehe. Nikmati perjalanan dengan mengalihkan fokus pikiran berasal dari kemacetan ke hal-hal menyenangkan. Bisa keluarga atau pacar tercinta, hobi kegemaran kita, konsep liburan kita, dan lainnya.

10. Sayangi Mobil Kita
Tips paling akhir sebagai penutup adalah love your car.

Sederhananya untuk mengemudi nyaman dan lebih nikmat bakal gampang ditunaikan andaikan kita menyayangi mobil kita. Bila kita bahagia dengan mobil kita maka pasti kita bakal bahagia dan nyaman bepergian bersamanya.

Bagi sebagian orang, menyukai atau menyayangi mobil telah menjadi bakat bawaan lahir mereka. Mereka bahagia lihat bentuknya, suaranya, baunya, sepenuhnya tentang mobil.

Bagaimana caranya sehingga lebih bahagia dengan mobil kita?

Carilah mobil yang pas dan sangat pas dengan apa yang kita inginkan. Mulai berasal dari tampilan, spek, handling, dan fitur. Selain itu, cobalah untuk sedikit memodifikasi mobil.

Dengan modifikasi, mobil menjadi makin cocok dengan permohonan dan kebutuhan kita. Selain itu modifikasi sebabkan kita makin jadi memiliki dan dekat dengan mobil yang paling disayangi kita. This is my car!

Untuk awal tidak perlu modifikasi yang besar-besaran. Kita dapat melihat artikel ini sebagai referensi untuk modifikasi awal.

Untuk dapat mengemudi nyaman kita perlu mencintai, atau setidaknya, menikmati mengemudi. Kita kemungkinan tidak bakal dapat melakukannya, jika andaikan kita jadi belajar untuk mencintai mobil.

Demikian ulasan kali ini. Saat ini mengemudi mobil merupakan kegiatan yang sangat normal dan seringkali perlu kita lakukan. Suka atau tidak, ruwetnya jalanan memang sebabkan mengemudi jadi bikin jadi bosan dan menjengkelkan.

Mudah-mudahan ulasan ini dapat beri tambahan inspirasi untuk sebabkan kita dapat mengemudi nyaman dan lebih nikmat.

Gimana, ada yang mau beri tambahan tips atau semata-mata berkomentar? Dari 10 tips di atas, tips mana saja yang kalian sukai?

Untuk ulasan dan bahasan menarik lainnya, ikuti juga Facebook Page kita ya!