Apa Itu Presentasi

Posted on

Presentasi adalah suatu kesibukan bicara di hadapan banyak hadirin atau salah satu bentuk komunikasi. Presentasi merupakan kesibukan pengajuan suatu topik, pendapat atau Info kepada orang lain. Berbeda dengan pidato yang lebih sering dibawakan didalam acara resmi dan acara politik, presentasi lebih sering dibawakan didalam acara bisnis.

Tujuan dari presentasi bermacam-macam, misalnya untuk membujuk (biasanya dibawakan oleh wiraniaga), untuk memberi informasi (biasanya oleh seorang pakar), atau untuk memastikan (biasanya dibawakan oleh seseorang yang dambakan membantah pendapat tertentu).

Agar mampu pandai berpresentasi, orang sering kali belajar pada para pakar presentasi. Juga, tersedia banyak pembicara populer yang sering kali dicermati oleh orang-orang yang dambakan pandai bicara di hadapan umum. Para pembicara populer di Indonesia antara lain KH Abdullah Gymnastiar, Ary Ginanjar Agustian, Andrie Wongso, dan masih banyak lagi.

Keahlian bicara di hadapan hadirin merupakan perihal yang terlampau penting bagi siapa pun yang dambakan maju. Banyak presiden, manajer, wiraniaga, dan pengajar yang menjadi berhasil dan populer melalui keahlian berpresentasi.

Berikut Para pembicara populer di Indonesia yaitu :

Abdullah Gymnastiar
Yan Gymnastiar (lahir di Bandung, Jawa Barat, 29 Januari 1962; umur 56 tahun) atau lebih dikenal sebagai Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym adalah seorang pendakwah, penyanyi, penulis buku, pebisnis dan pendiri Pondok Pesantren Daarut Tauhiid di Jalan Gegerkalong Girang, Bandung. Aa Gym menjadi populer gara-gara mengenalkan cara berdakwah yang unik bersama dengan gaya teatrikal bersama dengan pesan-pesan dakwah Islami yang praktis dan lazim diterapkan pada kehidupan sehari-hari.

Pesan-pesan dakwahnya berkisar pada pengendalian diri, hati nurani, toleransi dan keteguhan iman. Aa Gym digemari oleh ibu-ibu rumah tangga gara-gara ia membangun citra sebagai sosok pemuka agama yang tidak sama bersama dengan ulama lainnya. Ketika para ulama konvensional berdakwah perihal keutamaan salat, puasa, dan kemegahan surga, Aa Gym menentukan untuk bercerita perihal pentingnya hati yang tulus, keluarga yang sakinah bersama dengan memanfaatkan bahasa sehari-hari yang ringan dan menyenangkan.

Topik pembahasannya seputar keluarga dan pemirsanya terkonsentrasi pada ibu-ibu rumah tangga, citranya pun didaulat menjadi ustadz keluarga bahagia. Hal ini menjadi kontroversial disaat fasilitas menginformasikan Aa Gym berpoligami dan menikah kembali dengan Alfarini Eridani atau dikenal termasuk bersama dengan sebutan Teh Rini pada bulan Desember 2006, sementara itu istri pertamanya adalah Hajjah Ninih Muthmainnah atau dikenal termasuk bersama dengan sebutan Teh Ninih, yang sudah menjadi istrinya sejak tahun 1988 dan sepanjang menikah dengannya sudah dikaruniai tujuh anak.

Banyak penggemarnya kecewa dan mengirim SMS berantai, menulis di blog dan Surat Pembaca, menelepon ke stasiun TV, berhenti datang ke Daarut Tauhiid, sampai turut turun jalur dan berdemo menentang poligami. Hal ini berdampak pada kepopulerannya dan bisnisnya.

Ary Ginanjar Agustian

Ary Ginanjar Agustian (lahir di Bandung, Jawa Barat, 24 Maret 1965; umur 53 tahun) atau lengkapnya Dr. H.C Ary Ginanjar Agustian, adalah seorang motivator Indonesia, yang termasuk seorang tokoh pembangunan karakter dan penggiat transformasi budaya perusahaan. Ia termasuk presiden direktur dari PT Arga Bangun Bangsa dan juga pendiri ESQ Leadership Center, pusat penyelenggara program pelatihan ESQ. Selain itu, berbarengan bersama dengan tokoh pendidikan dan pakar lingkungan, Prof. Ir. H. Surna Tjahja Djajadiningrat, MSc., Ph.D mendirikan ESQ Business School. Ia miliki istri bernama Linda Damayanti dan 6 orang anak : Anjar Yusuf Ramadhan, Erick Bintang Sulaiman, Rima Khansa Nurani, Eqi Muhammad Rikansa, Esqi Gibraltar Ibrahim dan Sakura Azzahra.

Andrie Wongso
Andrie Wongso (Wang Tjing Tjie) (lahir 6 Desember 1954) adalah motivator asal Indonesia, yang lebih dari 20 tahun berkiprah sebagai pebisnis sukses. Kemauannya untuk berbagi semangat, pengalaman dan kebijaksanaan, bersama dengan gaya bahasa yang simpel tetapi full power kepada begitu banyak orang, sebabkan dirinya dinyatakan sebagai The Best Motivator Indonesia atau Motivator No. 1 Indonesia dari Kompas. Tetapi ia lebih suka disebut “Sang Pembelajar”.