Belajar Membuat Desain Rumah Minimalis dan Gambar Rumah Minimalis

Jika anda memiliki rumah impian berupa rumah minimalis maka untuk menuangkan keinginan dan ide anda perlu adanya desain dan gambar rumah minimalis. Desain rumah minimalis dan gambar rumah minimalis sangat penting dalam pembuatan rumah karena dapat memudahkan pembangunan rumah nantinya. Dengan demikian desain dan gambar rumah tersebut sangatlah perlu diperhatikan. Bila sebuah rumah dibangun tanpa adanya perencanaan desain dan gambar rumah maka bisa dipastikan hasilnya kurang memuskan dan berdampak pada ketidaknyamanan penghuni rumah.

Untuk itulah bila anda ingin membangun rumah minimalis maka anda bisa belajar terlebih dahulu untuk membuat desain rumah minimalis dan gambar rumah minimalis. Berikut ini akan dijelaskan cara-cara pembutan desain dan gambar rumah minimalis yang bisa anda praktikkan.

  1. Menentukan Jumlah Penghuni dan Ruangan
    Sebelum membuat desain dan gambar rumah sebaiknya cek jumlah penghuni serta jumlah ruangan yang diperlukan. Dari jumlah penghuni tersebut, anda bisa menentukan kebutuhan ruangannya serta ruangan pendukung lainnya. Untuk ukuran ruangan bis disesuaikan dengan luas lahannya sehingga hasilnya akan lebih optimal.
  2. Membuat Sketsa
    Ketika membuat desain dan gambar rumah minimalis maka silakan siapkan kertas milimeter lalu buatlah sketsa lahan rumah dan beberapa garis bantu untuk membantu menentukan luas ruangan. Garis bantu dibuat secara vertikal mulai sehingga aka terbentuk 6 kotak arah vertikal dan 4 kotak horizontal. Masing-masing kotak tersebut akan dibuat menjadi ruangan pada rumah anda. Mulai dari garasi, ruang tamu, ruang tidur, dapur hingga kamar mandi. Pertimbangkan pula sirkulasi udaranya pada setiap ruangan tersebut.
  3. Mencoba untuk Trial Eror
    Silakan mencoba denah yang anda buat dengan mencorat-coret memakai pensil dengan menebalkan garis sebagai dinding lalu buatlah posisi pintu yang memudahkan arus lalu lintas penghuni rumah. Bila masih tersisa lahan di bagian depan atau belakang bangunan rumah maka bisa anda manfaatkan sesuai kebutuhan.
  4. Rencana Dinding yang Pasti
    Bila sudah yakin dengan gambar yang anda buat, selanjutnya rencanakan pembuatan dinding yang pasti. Bila ukuran ruangan di gambar masih sama seperti garus bantu maka geser gambar dindingnya agar ukuran ruangan sesuai program anda. Namun sesuaikan ukuran ruangan tersebut sesuai kebutuhan anda agar tetap nyaman.

Bila pembuatan desain rumah minimalis dan gambar rumah minimalis tersebut sudah selesai anda lakukan maka silakan membuat gambar tersebut di kertas baru agar lebih rapi. Selain itu tambahkan ilustrasi penempatan perabot rumah sehingga lebih bagus dan rapi. Jangan lupa menambahkan ukuran di setiap ruangan sehingga memudahkan pihak kontraktor ketika akan membangun rumah anda tersebut.

 

 

About The Author

Related Post