Cara Mematikan Mesin Genset Secara Manual Atau Otomatis

Posted on

Cara Mematikan Mesin Genset Secara Manual Atau Otomatis

Jual Genset – Ketika sedang berlangsung pemadaman arus listrik yang dilakukan oleh PLN, kerapkali kita merasakan kesulitan untuk dapat melakukan segala aktivitas. Hal ini karena banyaknya aktivitas harian yang menggunakan mesin, termasuk untuk mencuci baju dengan mesin cuci, mengisi baterai ponsel dengan charger atau mandi dengan pompa air. Namun kini sudah banyak orang yang memakai mesin genset untuk mencegah pemadaman listrik terjadi dalam waktu yang sangat lama.

Ada banyak mesin genset yang dijual di Indonesia, dari berbagai tipe dan merk. Namun beberapa mesin genset tersebut tidak dibekali dengan cara mematikan mesin genset secara otomatis jadi kita harus menambahkan alat untuk membantu membuat genset mati secara otomatis.

Cara Mematikan Mesin Genset Secara Manual Atau Otomatis

Memiliki genset di rumah bisa sangat berharga karena artinya Anda sedikit lebih maju dan beruntung dari mereka yang tidak memasang genset di rumahnya. Ada pun cara mematikan genset dapat kita pelajari dengan mudah dan cepat melalui buku manual yang umumnya akan diberikan bersama satu set mesin genset yang telah kita beli. Namun bila buku manula yang dibutuhkan tidak berhasil Anda temukan, maka Anda bisa mencari referensi informasi untuk mematikan mesin genset melalui internet.

Secara umum, untuk mematikan mesin genset ini kita dapat memulainya dengan cara menurunkan breaker maupun mematikan bebannya lebih dahuu. Lantas, kita dapat menunggu selama beberapa menit untuk melihat proses pendinginan pada mesin gensetnya. Setelah itu, kita dapat mematikan mesin genset.

Berbeda dengan cara manual di atas, untuk mematikan genset menggunakan cara otomatis, Anda harus membeli panel AMF atau ATS, sehingga proses mematikan genset tersebut bisa dilakukan dengan lebih mudah karena sudah disetting untuk mati secara otomatis ketika listrik dari PLN menyala.

Untuk memastikan apakah mesin genset yang Anda miliki di rumah itu manual atau otomatis sangatlah mudah, karena Anda dapat melihatnya dari buku panduan. Akan lebih baik lagi bila sebelum membeli gensetnya, Anda bertanya terlebih dahulu pada pegawai , apa jenis genset yang akan Anda beli tersebut, apakah mudah atau tidak dimatikannya.