CARA MEMBUAT MASTER GAMBAR BORDIR KOMPUTER 

Posted on

Jasa Bordir Komputer Jakarta – Mesin bordir pc sekarang udah banyak beredar di pasaran, mulai yang berkepala satu, tiga, enam, sepuluh sampai berkepala dua belas, dan apalagi dapat lebih banyak lagi, karena sesungguhnya peralatan kerja selalu berkembang pesat sepanjang masa.

Terlepas dari kasus suka atau tidak suka, siap atau tidak siap, terhadap sebenarnya para entrepreneur bordir manual kudu berkompetisi ketat bersama dengan entrepreneur bordir komputer.

Sebaiknya jangan latah ikutan keburu pilih PRO atau KONTRA bersama dengan kenyataan yang dihadapi, sebelum mengerti dan mengerti sama apa sesungguhnya mesin bordir pc itu.

Mesin bordir pc adalah mesin bordir yang kerjanya dikendali penuh oleh file gambar yang dapat terbaca oleh mesin tersebut, supaya proses membordir tidak perlu kelincahan tangan manusia sebagaimana terhadap bordir manual. File gambar yang dapat dibaca oleh mesin bordir pc sebatas file gambar yang punya rangkaian rangkaian gerakan benang di dalam proses membordir. File gambar itu kudu dibikin menggunakan software khusus untuk mesin bordir komputer, dan yang paling lazim dipakai adalah Software WILCOM.

Lebih tegasnya, file gambar yang dihasilkan oleh software pengolah gambar seperti Paint, Corel, Adobe Photo, Photoshop dan lain-lainya, kesemuanya tidak dapat dibaca oleh mesin bordir komputer, karena gambar yang dihasilkan tidak punya Info perihal rangkaian gerakan benang di dalam proses membordir.

Gambar berikut sebatas berfaedah sebagai penuntun bagi orang yang tengah sebabkan master gambar bordir pc menggunakan WILCOM, supaya lebih mudah di dalam sebabkan batasan-batasan area yang bakal dibordir bersama dengan benang.

Silakan perhatikan Langkah Satu sampai Tujuh di dalam proses pembuatan gambar bordir pc menggunakan Wilcom yang berikut ini.

Langkah Satu.

Aktifkan software Wilcom yang udah terinstall terhadap komputer.

Panggil file gambar penuntun yang bakal digunakan, bila file LOGO KOPERASI.JPG.

Tentukan batasan area yang bakal dibordir bersama dengan klik toolbar COMPLEX FILL, selanjutnya menentukan batasan area yang bakal dibordir.

Bila kita pilih area bordir bersama dengan ikuti gambar logo Koperasi tersebut, maka hasil bordiran nanti terhitung gambar logo koperasi dimaksud.

Bila kita pilih area bordir tanpa ikuti gambar logo Koperasi, bila sebabkan gambar lingkaran penjol menggunakan klik mouse, maka hasil bordiran nanti terhitung lingkaran penjol yang kita buat tadi. Jadi, mesin bordir pc tidak pernah lihat file gambar.JPG yang kita aktifkan, cuma lihat batasan area bordir yang kita tentukan.

Langkah Dua.

Terus terang pilih gambar logo Koperasi karena banyak bagian-bagian yang serupa supaya area bordir khusus yang udah dibikin dapat di-duplikasi ke area lain yang gambarnya sama.

Langkah ke-2 adalah men-duplikasi area bordir yang udah dibikin terhadap cara satu, bersama dengan sesuaikan putaran dan kemiringannya disesuaikan gambar logo tersebut

Langkah Tiga.

Seperti terhadap cara satu, yaitu pilih batasan area bordir namun terhadap lokasi beda bersama dengan bentuk yang beda pula. Setelah ditentukan batasan-batasan area bordirnya, karena kebetulan di lokasi lain terhitung tersedia bentuk-bentuk yang sama, maka tinggal di-duplikasi saja.

Langkah Empat.

Langkah keempat adalah menduplikasi area bordir yang udah dibikin terhadap cara tiga, terhadap lokasi khusus yang punya bentuk sama. Dalam menduplikasi dapat dikerjakan pemutaran dan pemiringan gambar disesuaikan bersama dengan logo yang tengah dibuat.

Ceritanya, terhadap cara keempat udah sukses merampungkan semua batasan area bordir yang membentuk gambar logo Koperasi yang tengah dibuat.

Langkah Lima.

Tes Uji Coba untuk melukiskan bagaimana rangkaian perjalanan benang di dalam proses bordir yang dikerjakan otomatis oleh mesin bordir komputer.

Silakan perhatikan rangkaian perjalanan benang tersebut… dan ternyata…

Waoww… berlangsung beberapa kali loncatan benang di dalam proses membordir…

Hal ini disebabkan karena gambar tadi dibikin dari hasil beberapa kali duplikasi, dan suasana ini dapat beresiko pada lain:

Ketika benang meloncat tersedia resiko putus benang, supaya mesin kudu dihentikan sejenak untuk menyambung benang yang putus tersebut. Kondisi ini melenyapkan saat dan tingkatkan kerjaan yang selayaknya tidak kudu ada.

Bila hasilnya selamat, terhadap hasil bordiran bakal terkandung loncatan benang yang kudu dirapihkan (dipotong manual). Kondisi ini terhitung makin melenyapkan saat dan makin tingkatkan kerjaan yang selayaknya tidak kudu ada.

Langkah Enam.

Mengatur rangkaian perjalanan benang di dalam proses bordir otomatis yang bakal dikerjakan oleh mesin bordir komputer, supaya dapat ditekan sampai seminimal barangkali terjadinya cara loncatan benang jarak jauh yang dapat beresiko seperti yang udah diuraikan terhadap cara lima diatas.

Cara mengaturnya bagaimana?

Waduh… yang ini ceritanya panjang ya…

Lebih bijak diceritakan kapan-kapan saja bukan?

Langkah Tujuh.

Singkat cerita, cara keenam udah sukses diselesaikan…

Kini tiba giliran untuk TES UJI COBA KEMBALI…

Silakan disimak, bagaimana rangkaian perjalanan benang di dalam proses bordir yang dikerjakan otomatis oleh mesin bordir komputer?

Alkhamdulillah, udah makin baik ya… boleh dibilang SUDAH OK…

Lain-lain.

Kadang-kadang hasil bordiran terlalu tebal akibat jarak benang terlalu dekat supaya benang bertumpuk. Kondisi ini tidak bagus karena tersedia pemborosan benang dan saat pembuatan jadi lebih lama, biaya listriknya ikut nambah juga.

Jadi, tersedia kalanya hasil yang kurang baik itu malah lebih boros…

Sebaliknya, jikalau jarak benang terlalu jarang hasil bordiran kurang baik juga.

Sebagai finishing di dalam proses pembuatan master gambar bordir sebaiknya sesuaikan ketebalan dan ketipisan hasil bordiran sambil diuji-coba menggunakan mesin bordir pc beneran, jadi diatur bukan dari hasil khayalan belaka, namun dari hasil praktek yang nyata.

Bila semua udah baik-baik dan ok-ok… tinggal disimpan sebagai file master gambar bordir yang siap dioperasikan menggunakan mesin bordir komputer.

Tinggal dikirim kepada pemesan dan alkhamdulillah meraih rejeki yang cukup lumayan… he-he-he… maunya sih gitu kali…

Waspadalah…

Pengusaha bordir manual kudu tingkatkan kewaspadaannya, karena bila menggunakan master gambar bordir yang memiliki kwalitas baik, mesin bordir pc bakal dapat sebabkan hasil bordiran yang lebih baik, lebih rapih, lebih halus dan lebih cepat dari hasil pekerjaan bordir manual…

Sama sekali tidak punya niat menakut-nakuti, sekarang mesin bordir pc bukan sebatas dapat membordir diatas lembaran kain, namun terhitung dapat membordir diatas baju kaos jadi, malah dapat membordir diatas topi yang udah jadi.

Bagi yang belum yakin silakan liat gambar samping…

Adakah juru bordir manual yang dapat membordir diatas topi jadi?

Demikian, semoga postingan ini dapat jadi bahan renungan positif yang dapat diambil hikmah dan manfaatnya.  Amin.  Terimakasih.