Fakta Masjid Kubah Emas Dian Al-Mahri di Depok

Fakta Masjid Kubah Emas Dian Al-Mahri – Ada suatu karakteristik atau ciri khas yang ditonjolkan pada setiap bangunan sebagai daya tarik tersendiri. Masjid Dian Al-Mahri ini salah satunya. Berada di Kota Depok, Jawa barat, Masjid ini bak Istana dengan kubah berwarna emas. Faktanya adalah memang benar kubah tersebut dilapisi emas murni. Masjid ini selain menjadi tempat ibadah umat muslim juga sebagai wisata religi yang sangat unik.

Fakta-Fakta Yang Harus Diketahui Sebelum Mengunjungi Masjid Kubah Emas

  1. Bagian-bagian yang dilapisi emas

Ternyata tidak hanya ke 5 kubahnya saja yang dilapisi emas. Pilar masjid, relief hiasan di dekat imam, kaligrafi dilangingt-langit bagian dalam, pagar di lantai dua, lampu gantung, serta kubah dari enam menara yang mengitari kubah utama juga terbuat dari emas. Tidak heran jika masjid ini menghabiskan biaya sampai triliunan selama masa proses pembangunan sampai selesai.

  1. Sosok Dian Al-Mahri dan kisah yang beredar

Hj. Dian Al-Mahri memiliki nama lengkap Hj. Dian Djuriah Maimun Al-Rasyid merupakan seorang pengusaha asal Banten. Banyak kabar yang beredar terkait asal mula pembangunan masjid oleh Hj. Dian ini. Pertama, Hj. Dian membeli tanah di Brunei dan tanah tersebut ternyata setelah diteliti, tanah tersebut mengandung banyak minyak hingga dibangunlah tambang minyak yang menghasilkan uang banyak.

Cerita kedua, konon anak salah satu raja Brunei sedang menderita sakit. Banyak orang yang telah berusaha menyembuhkan akan tetapi sia-sia. Kemudian Hj. Dian Al-Mahri menawarkan diri untuk menyembuhkan dan akhirnya anak raja tersebut sembuh. Sebagai imbalan, Hj. Dian tidak meminta materi untuk dirinya melainkan meminta dibangunkan sebuah masjid megah untuk masyarakat umum.

  1. Material impor

Tidak tanggung-tanggung material kubah dan lampu gantung yang megah  yang berada di tengah-tengah ruangan masjid ini di impor langsung dari Italia dan dikerjakan langsung oleh ahli arsitektur dari Italia. Marmer yang indah sebagai hiasan masjid juga didatangkan dari Turki dan Italia. Karpet masjid merupakan produksi terbaik agen jual karpet masjid di Depok yang berkualitas dan terjamin.

  1. Luas Masjid Termegah di Asia Tenggara

Masjid yang di bangun di atas tanah seluas 50 hektare ini memiliki luas bangunan seluas  60 x 120 meter atau 8000 meter persegi. Masjid ini dapat menampung sekitar 20.000 jemaah.  Sedangkan luas halaman masjid mencapai 45 x 57 yang dapat menampung sekitar 8.000 jemaah. Masjid ini dinobatkan sebagai masjid termegah karena material dan  arsitekturnya yang mewah

  1. Karpetnya pernah disiram air kencing

Pada akhir tahun 2017, kejadian tidak yang membuat geram warga dan jemaah terjadi. Seorang pria paruh baya menyiram karpet masjid Dian Al-Mahri dengan air seni yang dimasukkan ke dalam botol. Motif pria ini melakukan perbuatan tidak pantas tersebut karena merasa depresi dan kecewa pada Tuhan. Karpet masjid yang berasal dari agen jual karpet masjid di Depok ini kemudian segera diganti.

About The Author

Related Post