Perhatikan Komposisi Air dan Cat Sebelum Pengecatan Dilakukan

Posted on

Cat Tahan Panas – Dalam lakukan sistem pengecatan, sering kali komposisi air dan cat kurang pas. Ada yang  terlalu encer, bahkan ada yang kurang air agar pengecatan kurang rata.  Oleh karena itu aspek pencampuran cat dengan air jadi satu hal yang lumayan mutlak  dalam pengecatan dinding luar rumah, agar hasilnya sempurna.

Menurut Maryono, salah satu tukang bangunan, pemilihan cat untuk dinding luar tempat tinggal  sebaiknya menggunakan yang berupa antijamur, antilumut dan warna tidak pudar. ”Biasanya  kalau untuk cat dinding luar rumah, banyak yang memilih Dulux Weathershield, Mowilex,  Danabrite atau Catylac,” kata Maryono.

Kalau cat dinding interior dipakai untuk eksterior, sambung Maryono, umumnya hasilnya  kurang bagus, salah satunya warnanya cepat pudar karena tidak tahan cuaca dan cahaya  matahari. ”Untuk mengecat dinding luar tempat tinggal sebaiknya tidak dipanir karena jika terkena  hujan justru dapat mengelupas. Sebaiknya plamir dipakai di dalam ruangan,” ungkap Maryono.

Selain itu perbandingan komposisi air dan cat termasuk penting, karena dapat mempengaruhi  hasil akhir dari pengecatan, sambung Maryono. Biasanya komposisinya satu galon cat dengan  seperempat liter air, atau 25 kilogram cat dengan lima liter air. Ditambahkan Maryono,  sebelum mengecat, sebaiknya dinding dibersihkan dulu dan diampelas halus, baru kemudian  dicat.

Sementara itu, staf toko besi Warna Abdi, Jl Teuku Umar, Solo, Susi menyatakan untuk cat  dinding luar rumah, saat ini banyak yang memilih Dulux Weathershield, Danasil dan Mowilex  karena lebih tahan cuaca. ”Dulux dan Mowilex lebih tahan cuaca dan jamur, agar banyak  dipilih sebagai cat dinding luar tempat tinggal dan warna catnya dapat tahan hingga lima tahun,” ujar Susi. Namun cat mutu bagus pun belum tentu menanggung warna awet dan tidak pudar,
karena benar-benar terkait pada sistem pencampuran dan langkah pengecatan. Menurut Susi, untuk  pencampuran cat dengan air, komposisi air lebih kurang 10 % dari cat yang dapat digunakan.

Hal senada termasuk dilontarkan oleh Priyanto, pemilik Toko Besi Sidodadi, Jl Slamet Riyadi  Solo. Menurut Priyanto, untuk mengecat dinding luar tempat tinggal perlu menggunakan cat yang  khusus digunakan untuk luar rumah, bukan yang untuk interior.

”Jangan menggunakan cat interior untuk eksterior karena umumnya tidak tahan cuaca dan  sinar matahari agar warna dapat luntur, selain itu hasilnya kurang bagus,” ungkapnya.  Oleh karena itu untuk dinding luar tempat tinggal umumnya dipilih cat yang tahan cuaca dan  antijamur dan juga antilumut dengan harga yang lebih mahal daripada cat interior, seperti  Dulux Weathershield atau Mowilex. ”Selain itu ketetapan pencampuran air dengan cat komposisinya perlu benar, yaitu 90 %  cat dan 10 % air untuk hasil yang bagus,” ungkap Priyanto. (ema)